KANKER USUS! WASPADAI!

KANKER USUS 

Kanker usus besar atau kanker kolorektal, termasuk pertumbuhan sel kanker pada usus, anal dan usus buntu. Kanker ini adalah salah satu dari bentuk kanker yang paling umum dan penyebab kedua kematian yang disebabkan oleh kanker di dunia Barat. Kanker usus besar menyebabkan 655.000 kematian di seluruh dunia setiap tahun. Banyak kanker usus besar yang diketahui berasal dari polip adenoma pada usus dan penumpukan tinja akibat konstipasi yang terlalu lama. Perkembangan polip tersebut kadang-kadang berkembang menjadi kanker. Terapi untuk kanker ini biasanya melalui operasi, yang biasanya diikuti dengan kemoterapi. Sekitar 75-95% kasus kanker usus menyerang orang dengan resiko genetika tingkat rendah atau tidak sama sekali 

Penyebab Kanker Usus

penyakit-kanker-usus-penyebab-gejala-ciri-ciri
Berbicara penyakit kanker, memang tidak dapat terlepas dari penyebab kanker tersebut muncul. Khususnya pada usus, kanker dapat muncul ketika pola hidup sehat tidak diterapkan. Gaya hiudp yang sehat memang merupakan modal yang sangat penting untuk kesehatan usus. Ketika gaya hidup sehat diabaikan, seperti mengkonsumsi makanan instant, kaya lemak jahat, kolesterol, dan rendah gizi merupakan penyebab kanker usus yang paling utama.
Secara garis besar, penyebab paling besar terhadap munculnya penyakit kanker pada usus ini memang terletak dari makanan yang dikonsumsi. Dengan kata lain, ketika semakin banyak zat yang berbahaya masuk kedalam tubuh, maka usus akan kesulitan untuk memprosesnya. Alhasil, semua zat berbahaya tersebut akan terus mengendap sehingga usus tidak bisa mentolerir.

Gejala Kanker Usus

Berbicara penyakit kanker yang tumbuh pada organ usus, memang tidak lengkap rasanya apabila tidak berbicara mengenai gejala kanker usus. Gejala umum yang sering ditemui pada penderita kanker pada usus ialah seperti muncul rasa nyeri ketika akan buang air besar (BAB).
Rasa sakit yang terjadi memang dikarenakan adanya gesekan antara permukaan dinding usus yang ditumbuhi kanker, dan tidak jarang pula mengeluarkan darah. Dan apabila penyakit ini sudah masuk dalam tahap yang kronis, penderita sampai-sampai tidak dapat buang air besar dalam waktu yang lama, dikarenakan jalur keluarkan kotoran tertutup oleh sel kanker yang semakin membesar.

Ciri – Ciri Kanker Usus

Ketika gejala tersebut sudah mulai terlihat, biasanya ciri-ciri seperti rasa nyeri pada bagian perut hingga bagian pangkal dubur. Memang cukup sulit untuk membedakan antara ciri-ciri kanker usus dengan ciri-ciri penyakit ambeien.
Secara garis besar kedua jenis penyakit sistem pencernaan ini dikarenakan terhalangnya jalur keluar kotoran. Maka dari itu, ketika mendapati ciri-ciri susah buang air besar, alangkah baiknya untuk langsung menghubungi dokter, supaya jelas mengenai penyakit yang diderita.
Ada pepatah dulu mengatakan, mencegah akan lebih baik ketimbang mengobati. Dan cara pencegahan terhadap penyakit kanker usus adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat serta enzim. Dengan begitu, usus akan bekerja tidak terlalu berat sehingga prosentase untuk terjangkit sebuah penyakit yang menyerang sistem pencernaan akan semakin kecil.


SUMBER:
- https://id.wikipedia.org/wiki/Kanker_usus_besar
- http://disehat.com/penyebab-dan-gejala-serta-ciri-ciri-penyakit-kanker-usus/ 

0 Response to "KANKER USUS! WASPADAI!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel