Mau Sehat? Puasa Yuk!

Patinya kita udah familiar banget kan sama yang namanya puasa senin kamis. Senin dan kamis merupakan dua nama hari dalam kalender Masehi, namun ada keistimewaan dibalik kedua hari itu. Pada hari Senin dan Kamis, Rasulullah menganjurkan kita untuk berpuasa sunnah.

Sabda Rasulullah SAW dari Abu Hurairah, “Bahwasanya Rasulullah SAW adalah orang yang paling banyak berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Ketika ditanya tentang alasannya, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya segala amal perbuatan dipersembahkan pada hari Senin dan Kamis, maka Allah akan mengampuni dosa setiap orang muslim atau setiap orang mukmin, kecuali dua orang yang bermusuhan. Maka Allah berfirman, Tangguhkan keduanya.” (HR. Ahmad).   

Kenapa sih Rasulullah menganjurkan puasa sunnah di kedua hari itu?
Dalam sebuah hadits yang disampaikan oleh Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda:
“Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa.” (HR. Tirmidzi).


KEISTIMEWAAN PUASA SENIN KAMIS

  1. Surga Balasannya Di Akhirat.
  2. Terhindar dari Siksa Api Neraka.
  3. Menjadi Penolong pada Hari Kiamat.
  4. Menanamkan Kedekatan Diri pada Allah SWT.



MANFAAT PUASA SENIN KAMIS


1. Peremajaan Kulit

Dengan puasa dapat membantu proses peremajaan kulit. Masa iya sih? Yuk, simak.

Manusia memiliki cadangan energy yang biasa diebut collagen. Cadangan energy ini dapat bertahan sampai 25 jam. Cadangan gizi ini bisa sewaktu-waktu dibakar jadi energi ketika tubuh kita tidak mendapatkan supply pangan dari luar. Saat kita sedang melaksanakan puasa senin kamis, cadangan energi yang tersimpan di dalam organ tubuh otomatis dikeluarkan. Ini yang akhirnya bisa melegakan pernapasan organ-organ tubuh dan sel-sel penyimpanannya. Peristiwa ini biasa disebut peremajaan sel.

Jika proses peremajaan sel-sel tubuh ini rutin berlangsung, maka kekebalan dan kesehatan tubuh kita pun akan meningkat. So, nggak heran kalo orang yang rutin puasa, kulitnya pasti akan terlihat lebih segar dan lebih lembut dikarenakan proses peremajaan sel dalam tubuhnya berjalan dengan baik. 

Jadi untuk cantik itu tidak mahal, dengan puasa senin kamis akan membuat kulitmu lebih segar, kencang dan lembut.


2. Membantu Proses Detoksifikasi

Kita pasti udah tau apa itu detoksifikasi. Secara fisiologi, detoksifikasi (bahasa Inggris: detoxification, detox) merupakan proses metabolism tubuh yang bertujuan untuk mengurangi/ menghilangkan kadar toksis yang berbahaya dari dalam tubuh kita, dengan penyerapan, distribusi biotransformasi sekresi molekul toksin. 

Guys, makanan dan minuman yang kita makan setiap hari memang mengandung zat gizi yang penting bagi tubuh kita, tapi tidak dapat dipungkiri bahwa makanan dan minuman tersebut pun mengandung bahan toksis atau racun. Kalo kita enggak pernah puasa, toksis akan menumpuk di dalam tubuh kita. Efeknya, kita jadi gampang lelah dan daya tahan tubuh pun menurun sehingga kita akan mudah terserang penyakit. 

Dengan puasa senin kamis, efektif banget buat ngebantu kita membatasi kalori yang masuk ke dalam tubuh kita sehingga menghasilkan enzim antioksidan yang dapat membersihkan toksis dan mengeluarkannya dari dalam tubuh kita. 


3. Memberikan Istirahat untuk Organ Pencernaan


Dengan rutin puasa senin kamis, kita memberikan istirahat untuk organ pencernaan. Nah apa sih gunanya?

Guys, bayangkan jika kalian punya motor dan nggak pernah kita kasih waktu untuk berhenti ataupun diservice. Bisa dipastikan akan merusak sparepart bagian dari mesin motor. Oleh karena itu, motor tersebut perlu beristirahat agar tidak cepat rusak. 

Begitu pula dengan organ pencernaan yang ada dalam tubuh kita yang membutuhkan istirahat untuk tidak bekerja minimal sehari hingga dua hari dalam seminggu. Hal ini berfungsi mengoptimalkan fungsi organ pencernaan, mengeluarkan racun-racun dalam organ pencernaan, serta sebagai perawatan rutin agar tidak cepat rusak untuk organ pencernaan kita. Efek selanjutnya adalah zat gizi yang masuk akan lebih mudah diserap dan tubuh bisa jadi lebih bertenaga.  


4. Mampu Mengendalikan Hawa Nafsu

Hawa Nafsu merupakan bagian yang tidak terlepas dari setiap diri manusia. Dengan puasa senin kamis, kita dapat lebih mengontrol hawa nafsu kita. 

Contoh kecilnya, saat kita sedang berpuasa biasanya kita suka tiba-tiba sadar sendiri kalo mau ngelakuin dosa. Kitapun buru-buru ninggalin dan nggak jadi melakukan hal buruk itu. Jika puasa terus menerus diterapkan , otomatis menjadi alat kontrol yang baik atas diri kita sendiri. Efek selanjutnya, kita akan terhindar dari hal-hal negatif menuju kemaksiatan (Naudzubillaah) dan jiwa kita lebih tenang dan terkontrol dengan baik. 


5. Lebih Peka terhadap Lingkungan Sekitar

Saat kita puasa senin kamis, pasti kita merasakan rasa lapar dan haus. Rasa itulah yang dirasakan oleh banyak orang miskin dan tidak mampu. Mereka mencari makan agar tetap bias hidup sampai harus mengemis dan memungut dari tempat sampah. Tentunya, kita lebih beruntung tidak mengalaminya. Dengan berpuasa, kita dapat lebih peka terhadap mereka. Efek selanjutnya, kita lebih banyak memberi daripada menerima. Misalnya, membantu orang yang tidak mampu ataupun anak yatim piatu. Saat kita berpuasa, tentunya kita selalu yakin semakin banyak amalan tambahan saat berpuasa maka akan memperoleh pahala yang berlipat ganda.


PENGAKUAN ILMUWAN BARAT

Dalam sebuah buku berjudul “Why Fast”, ahli kesehatan asal Amerika Serikat Allan Cott, MD membeberkan 10 manfaat puasa yang dihimpun dari berbagai pengamatan dan penelitian sejumlah ilmuwan dari seluruh penjuru dunia. Apa saja?

1. To feel better physically and mentally

Dengan berpuasa, kondisi fisik dan mental kita akan lebih baik dibanding sebelumnya. Dr. Riyad Albibi dari Amerika Serikat menjelaskan, puasa dapat meningkatkan kekebalan tubuh dari berbagai penyakit dengan adanya peningkatan fungsi sel limfa yang memproduksi sel limfosit T yang secara significan bertambah, setelah puasa.

2. To look and feel younger

Berdasarkan hasil penelitian, seorang yang berpuasa akan awet muda. Jiwa orang tersebut akan terus membara seperti anak muda meski usianya sudah relatif tua.

Direktur Badan Kesehatan Makanan di Amerika Serikat  Alvenia M Fulton mengatakan, puasa adalah cara terbaik untuk memperindah dan mempercantik wanita secara alami.

“Dengan berpuasa, daya pikat seorang wanita akan kembali terbentuk. Selain itu, fungsi organ kewanitaan dan keindahan tubuh juga akan kembali tercipta dari proses tersebut,” menurut Fultin.

3. To clean out the body

Dengan berpuasa, berdasarkan analisa ilmuwan, kandungan di dalam tubuh akan lebih bersih dari sebelumnya.

4. To lower blood pressure and cholesterol levels

Berpuasa juga bisa menurunkan tekanan darah dan kadar lemak dalam tubuh. Direktur Medical Centre of Marin, Amerika Serikat, Elson M Haas mengatakan proses pembersihan atau detoksifikasi saat berpuasa merupakan bagian dari trilogi nutrisi, balancing, building, dam toning). Menurut dia, puasa merupakan bagian yang hilang “missing link” dalam diet di dunia barat.

5. To get more out of sex

Dengan berpuasa, seseorang bisa menahan dan mengkontrol hawa nafsu yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan kita.

6. To let the body health itself

berdasarkan penelitian, jika kita sedang merasa kurang sehat, berpuasa justru diyakini dapat membuat badan secara otomatis menjadi sehat.

Dalam buku Diabetic Medicine, ilmuwan bernama Sulimami mengatakan, “Berpuasa tidak berbahaya untuk mereka yang menderita diabetes, justru banyak manfaatnya.”

7. To relieve tension

Dengan berpuasa yang dijalankan penuh sabar, maka jiwa kita akan lebih tenang. Rasa tegang yang kerap biasanya dialami akan menurun.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Dr Sabah al-Baqir bersama tim dari Falkutas kedokteran Universitas King Saud, puasa dapat mengurangi jumlah hormon pemicu stres. Mereka melakukan penelitian hormon prolaktin, insulin dan kortisol pada tujuh laki-laki yang berpuasa sebagai sampel. Hasilnya bahwa tidak ada perubahan signifikan pada level kortisol, prolaktin, dan insulin.

8. To sharp the senses

Puasa juga bisa membuat pancaindera kita lebih peka dari sebelumnya.

9. To gain control of oneself

Menurut riset sejumlah ilmuwan, berpuasa membuat kita lebih mengendalikan diri.

10. To slow the aging process

Manfaat lain dari berpuasa adalah bisa memperlambat proses penuaan pada tubuh. Dengan kata lain, orang yang berpuasa berpotensi akan awet muda. Amin.


So, Sehat, nggak harus mahal. Apa lagi selain dengan berpuasa?
Subhanallah. Semoga bermanfaat.



Sumber:

manfaat.co.id
diaryhijaber.com
acehardware.co.id
lampuislam.org

0 Response to "Mau Sehat? Puasa Yuk!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel